Friday, December 22, 2017

Cara Bersihkan Daging Dari Tulang Ikan


Ikan adalah salah satu makanan paling sehat yang bisa dimakan manusia. Padahal, orang sudah makan ikan sepanjang sejarah manusia. Hari-hari ini, banyak koki merindukan untuk menambahkan ikan ke dalam daftar repertoar mereka, namun seluruh proses pembersihan dan filleting ikan segar sedikit menakutkan bagi mereka. Proses pembersihan dan filleting ikan segar relatif sederhana begitu langkah-langkahnya dipahami.
 
Untuk memulai, Anda harus membersihkan ikan segar Anda dengan benar untuk menjaga kualitasnya selama tahap pemrosesan yang tersisa. Pertama, gunakan pisau atau alat penskalaan ikan untuk menghilangkan semua sisik. Melepaskan timbangan sejak awal adalah kunci untuk membersihkan ikan dengan mudah. 

Selanjutnya, lepaskan kepala ikan dengan memotong tepat di belakang sirip pertama. Sekarang, masukkan pisau tajam Anda ke area di mana Anda baru saja melepaskan kepala dan membuat celah di perut ikan. Anda ingin menggorok perut ikan sampai ke lubang di samping ekornya. Ini harus membuka rongga ikan dan Anda dapat menarik atau memotong setiap kera atau organ dari dalam ikan. Langkah selanjutnya adalah memotong sirip tambahan yang mungkin dimiliki ikan.

Lakukan ini dengan memotong ikan secara melingkar di sekitar sirip dan membuangnya. Akhirnya, bilas badan ikan dan rongga di bawah air yang dingin dan mengalir. Sekarang setelah ikan dibersihkan dengan benar, Anda bisa beralih ke filleting.

Mulailah proses filleting ikan dengan meletakkan ikan di satu sisi dan memasukkan pisau ke tubuh ikan hampir ke tulang belakang. Pandu pisau Anda di sepanjang tulang punggung, bukalah fillet saat Anda memotong. Anda harus mengangkat dan memisahkan daging dari tulang saat Anda memotongnya. Selanjutnya, ulangi proses ini ke sisi yang lain. Setelah Anda membuat dua fillet ikan, letakkan di bawah kulit dan potong daging di samping ekornya.

Jangan memotong kulit di sebelah ekor, seperti yang akan Anda pegang pada kulit ini saat Anda memisahkan kulit dari daging. Masukkan pisau fillet Anda antara daging dan kulit dan gunakan gerakan maju mundur untuk memisahkan keduanya. Bilas fillet dengan air dingin dan pastikan mengeringkannya sebelum disimpan atau digunakan.

Langkah sederhana dan mudah adalah semua yang dibutuhkan untuk memanfaatkan ikan segar. Dengan langkah-langkah ini dalam pikiran Anda bisa menyiapkan ikan segar untuk makanan apapun.

No comments:

Post a Comment