Monday, December 18, 2017

Manfaat Penulisan Jurnal


Manfaat penulisan jurnal cukup didokumentasikan dengan baik. Dari Anne Frank ke Di Vinci, penulisan jurnal telah membuktikan dirinya.

Manfaat Penulisan Jurnal

Saat mempertimbangkan manfaat penulisan jurnal, penting untuk menetapkan beberapa parameter. Pertama, tidak ada batasan usia untuk menggunakan jurnal. Ada manfaat yang berbeda untuk anak-anak dari semua umur, tapi penulisan jurnal sama-sama berharga untuk orang dewasa. Alasan penulisan jurnal ini adalah tindakan refleksi pribadi.

Entah itu remaja yang merefleksikan mimpi buruk sosial sekolah menengah atas atau orang tua yang terlalu banyak bekerja mengambil dua puluh menit semalam untuk menulis tidak relevan. Intinya adalah, semua kelompok usia mendapat manfaat dari melangkah mundur dari kehidupan mereka selama beberapa saat dan merenungkan hal-hal.

Entah Anda mengenalinya atau tidak, penulisan jurnal memberi Anda jangkar dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dalam jurnal, Anda bebas menulis apa yang Anda inginkan tanpa batasan, untuk benar-benar mengatasi masalah dalam hidup Anda tanpa takut dikritik. Dengan kata lain, salah satu manfaat penulisan jurnal adalah bertindak sebagai psikiater self-help, tapi untuk JAUH lebih murah!
Saat Anda menulis di jurnal Anda dari waktu ke waktu, Anda juga akan mulai memastikan manfaat kedua untuk melakukannya. Manfaat ini adalah salah satu kritik diri. Tak pelak lagi, Anda akan membaca entri masa lalu dan meninjau kembali hidup Anda. Melakukan hal itu akan membawa Anda pada refleksi diri dan juga pemikiran tentang bagaimana Anda dapat bertindak secara berbeda jika situasi tertentu meningkat lagi.

Yang sama pentingnya, penulisan jurnal memiliki manfaat kesehatan. Sebelum Anda mengklik dari artikel ini, pertimbangkan waktu dalam hidup Anda saat Anda sangat frustrasi. Mudah-mudahan, Anda berbicara dengan seorang teman untuk "melepaskan barang dari dada Anda." Tidakkah kamu merasa jauh lebih baik sesudahnya?

Mendapatkan sesuatu dari dada Anda membantu menghilangkan stres, salah satu pembunuh terbesar di masyarakat modern kita. Penulisan jurnal bertindak dengan cara yang sama seperti Anda bisa menulis pemikiran Anda tanpa takut akan kritik.
Ada manfaat lain untuk penulisan jurnal, tapi semua mendidih sampai satu fakta sederhana. Menulis di jurnal memungkinkan Anda mengekspresikan diri tanpa dihakimi. Dengan kurangnya privasi di dunia digital modern kita, itu tidak sedikit manfaatnya.

No comments:

Post a Comment