Friday, December 29, 2017

Memulai Mencicipi Anggur


Anggur benar-benar pantas mendapat perhatian serius jika Anda bertanya kepada saya, ini lebih dari sekedar minum. Karena itulah saya merasa sangat aneh bahwa tidak ada prosedur pengecapan yang jelas yang memiliki penerimaan universal. 

Adalah hal yang biasa bahwa sebagian besar perasa anggur mengikuti rencana mereka sendiri saat mencicipi dan ini akan bervariasi dari orang ke orang. Sebagian besar dari langkah-langkah ini, sementara tempat mereka di kebun anggur akan disukai di meja makan, mereka melibatkan serangkaian langkah yang bagi orang awam akan tampak sangat menggelikan.

Perbedaannya bisa serupa dengan keinginan seseorang terhadap gaya atau genre musik tertentu. Dunia mencicipi anggur kritis adalah perbandingan antara standar nyata dan anggur yang dimaksud, minum anggur dengan makanan sangat berbeda dengan ini dan anggur tidak diragukan lagi dimaksudkan sebagai iringan makanan dan sebagai "penyegaran". 

Meskipun tidak ada yang meragukan aktivitas eksentrik pencicip anggur di pesta makan malam mungkin tidak diperlukan, hal itu layak untuk mengagumi dan menghargai bakat dan konsentrasi hebat yang sesuai dengan penghargaan anggur yang sesungguhnya.

Dari pandangan orang luar, aneh dan terkadang okultisme seperti tastings mungkin tampak sedikit rumit, tapi dengan keinginan dan kemampuan sejati untuk memusatkan perhatian, sangat mudah untuk mulai memahami dan menghargai anggur dengan lebih penuh. Untuk dasar-dasar mencicipi anggur, kita pasti berhutang pada orang seperti Clarke dan Goulden.

Bila memungkinkan disarankan untuk membilas mulut Anda bersih sebelum mencicipi anggur, tapi jelas dalam pengaturan pesta makan malam, hal ini tidak selalu mungkin atau diinginkan. Namun, saya menyarankan agar para pemula menggunakan metode ini, membersihkan palet dan membiarkan pengecer anggur menjadi lebih terbiasa dengan karakteristik dasar anggur yang sedang dicicipi (jika ragu, pinjam dari para ahli!). 

Pencicip yang lebih berpengalaman akan lebih cepat bisa mendapatkan kualitas dasar anggur dan akan sering menghilangkan langkah ini. Banyak yang menganggap bahwa pembilasan dengan air dengan cara ini mengurangi anggur dan mempengaruhi palet karena air mengubah sensitivitas lidah dan karena itu menambahkan komplikasi lebih lanjut dalam keseluruhan proses. Selama sesi mencicipi yang panjang, sangat mungkin mulutnya menjadi letih dan oleh karena itu, contoh ini sesuai dengan revitalisasi air.

Anggur terbaik untuk dicicipi dalam gelas berbentuk tulip, dengan pengecualian adalah anggur bersoda yang membutuhkan kaca bergalur (jenis memanjang yang sering Anda lihat tidak terpakai di lemari display!). Gaya kacamata ini meningkatkan keharuman anggur yang berkilau alami. Jika Anda tidak memiliki kacamata yang benar (atau cukup jika Anda memiliki teman di sekitar Anda), Anda dapat selalu meminjamkan mereka dari seorang teman. 

Hal ini penting ketika membandingkan anggur yang masing-masing gelas terisi ke tingkat yang sama (sekitar sepertiga penuh adalah normal) ini memungkinkan pengecap menahan kaca pada sudut yang curam untuk memungkinkan pengamatan yang bagus terhadap warna dan kejernihannya namun juga memungkinkan untuk pusaran air anggur yang bagus yang pada gilirannya melepaskan aromatik dalam anggur. Pada pesta makan malam itu juga alat yang berguna saat pamer, tapi hati-hati selalu ada seseorang di pesta yang tahu lebih banyak tentang anggur daripada Anda, jadi mintalah sesama tamu Anda dengan sedikit kecerdasan!

No comments:

Post a Comment